Pengabdian Berbasis Prodi Teknik Elektro dilaksanakan pada Hari Santri Nasional

 

Garut (22/10) Kegiatan pengabdian masyarakat berbasis prodi Teknik Elektro dilaksanakan berbarengan dengan Hari Santri Nasional tanggal 22 Oktober 2019.

Kegiatan PKM yang diikuti oleh seluruh dosen Teknik Elektro dan mahasiswa tersebut bertajuk “Pelatihan dan Perakitan Running Text di MTs Darul Fitri Leles Kabupaten Garut” dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Teknik Elektro Nanang Ismail, MT. Meskipun berlokasi di MTs Darul Fitri, kegiatan ini diikuti juga oleh siswa dari MA Baiturrahman.

Dalam sambutannya, Nanang mengatakan bahwa kegiatan PKM ini merupakan kegiatan rutin jurusan Teknik Elektro setiap semester yang selalu melibatkan mahasiswa dan pada kesempatan ini sangat spesial karena bertepatan dengan Hari Santri Nasional. Inilah momentum santri mengabdi, tambahnya.

Dalam kesempatan ini kami dari kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung ingin berbagi pengetahuan dengan merakit dan merancang running text bagi siswa MTs Darul Fitri Kabupaten Garut, dengan harapan pengetahuan ini dapat bermanfaat bagi siswa dan siswi di sini lanjut Nanang.

Seluruh dosen dan mahasiswa yang mengikuti kegiatan PKM ini menggunakan sarung dan peci sehingga terasa sangat spesial karena turut memeriahkan Hari Santri Nasional, papar Nanang.

Sementara itu ketua Pelaksana PKM Adam Faroqi, MT mengatakan bahwa kegiatan ini disamping berbagi pengetahuan juga memotivasi siswa untuk lebih giat lagi belajarnya agar dapat menggapai cita-cita yang diharapkan terlebih antusias siswa di sini sangat luar biasa dalam merakit running text karena disajikan dengan sangat menarik.

Saya sangat senang sekali mengikuti pelatihan ini, saya bisa membuat running text sendiri dan mau buat sendiri menulis nama saya pakai running text di rumah dan dipasang di kamar biar ayah dan ibu bangga, tutur Asep Kurnia, siswa yang mengikuti pelatihan PKM.

Dari data statistik yg diuji dengan menggunakan quisioner yang dibagikan pada saat sebelum dan sesudah pelatihan, didapatkan hasil bahwa siswa yang sangat puas dengan pelatihan ini mencapai 87%, mendapat pengetahuan baru 95%, tertarik dengan metoda pelatihan mencapai 97% sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat keberhasilan kegiatan PKM di MTs cukup menggembirakan.

Kepala sekolah MTs Darul Fitri berharap bahwa kegiatan ini berlanjut dengan kegiatan PKM lainnya dengan pengetahuan yang berbeda, serta tak lupa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak UIN SGD yang menjadikan sekolahnya sebagai tempat kegiatan PKM.